Bupati FDW Launching Gerakan Gemar Makan Makanan Pendamping Beras

TNews,Minsel-Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH., Pada Jumat, 2 Agustus 2024 Menghadiri Kegiatan Gerakan Pangan Murah Dana Insentif Fiskal Dalam Rangka Stabilisasi Harga dan Pasokan Pangan di Kabupaten Minahasa Selatan, dirangkaikan dengan Launching “Gerakan Gemar Makang Makanan Pendamping Beras”, bertempat di Aula Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan.

Pencanangan ‘ Gemar Makang makanan pendamping beras ‘ bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan dan inflasi terkendali di kabupaten minahasa selatan. Pencanangan ini sangat sinkron dengan program pusat yang selalu disampaikan oleh bupati minahasa selatan ‘ marijo ba tanam ‘ yang selalu memotivasi seluruh masyarakat minsel untuk berinovasi lagi dalam mencukupi kebutuhan pangan dan tidak boros pangan.

Nasi memang menjadi makanan pokok utama masyarakat Indonesia yang mengandung karbohidrat. Terdapat beberapa bahan makanan yang bisa menjadi pengganti nasi karena memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi.selama ini masyarakat mempunyai kebiasaan makan nasi. Adanya hal itu yang mengakibatkan permintaan beras yang semakin tinggi yang diikuti dengan Permasalah Konsumsi beras yang lebih besar daripada Produksi beras.

Saat ini Pemerintah melalui Kementerian terkait juga terus mendorong program penganekaragaman pangan dengan terus mendorong produksi dan konsumsi pangan lokal hingga pengolahannya. Di samping manfaatnya sebagai sumber energi, kandungan karbohidrat pada nasi juga perlu diwaspadai, karena dapat meningkatkan resiko pada kesehatan.

Gerakan Pangan Murah merupakan salah satu cara yang efektif untuk menekan laju inflasi dan menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok. Masyarakat dapat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau sehingga terjadi perputaran ekonomi yang dapat meningkatkan roda perekonomian daerah. Di tahun 2024 anggaran dana insentif fiskal dinas ketahanan pangan minahasa selatan sudah dialokasikan dana untuk pelaksanaan gerakan pangan murah dengan memberikan subsidi harga pangan pokok strategis kepada masyarakat minahasa selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kabupaten minahasa selatan dengan mengambil kebijakan dan langkah langkah kongkrit dalam rangka pengendalian inflasi dan stabilisasi pasokan dan harga pangan strategis. Kegiatan Gerakan pangan murah anggaran dana insentif fiskal masih tetap dengan metode menggandeng para pelaku usaha yang ada di kabupaten minahasa selatan dengan tujuan Tripel benefit yakni membantu perekonomian para pelaku usaha termasuk petani penghasil komoditi, memberikan subsidi atau potongan harga terhadap komoditi yang akan dibeli masyarakat dan pada umumnya menstabilkan pasokan dan harga komoditi pangan di kabupaten minahasa selatan.

Kegiatan Gerakan pangan murah dilaksanakan oleh dinas ketahanan pangan ini memberikan subsidi 20% terhadap komoditi yang akan dipasarkan. Bantuan subsidi tersebut sangat signifikan atau besar pengaruhnya pada harga jual pasar.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dilakukannya kegiatan ini bahwa Pemerintah harus hadir di tengah tengah masyarakat dalam menghadapi berbagai persoalan salah satunya untuk menekan Angka Inflasi dan juga membuat harga pangan stabil juga dengan pasokan pangan tetap stabil agar daya beli masyarakat tetap ada. Olehnya kami Pemeritah mengambil kebijakan untuk melaksanakan Gerakan Pangan Murah dengan mensubsidi 20%. Menjadi Permasalahan juga yaitu Konsumsi Beras lebih Tinggi dari Produksi beras apalagi terdapat alih komoditi, olehnya Pemerintah mencanangkan konsumsi makanan pendamping beras agar bisa mengurangi konsumsi beras.

Hadir dalam kegiatan ini Forkopimda Kabupaten Minahasa Selatan : Kapolres Minahasa Selatan yang diwakili oleh Kabag SDM Polres Minahasa Selatan Bpk. AKP. Rudi Dotulong, S.Sos., Staf Khusus Bupati Minahasa Selatan, serta Masyarakat.

Bupati Minahasa Selatan didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Kepala Bapelitbangda, Plt. Kepala Dinas Pangan , Plt. Kepala Dinas Kominfo, dan Kepala Bagian Perekonomian Setda.(stevens)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *