KPU Bitung Menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara

TNews, BITUNG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Sabtu 10/8/2024.

Rapat Pleno rekapitulasi tersebut dibuka oleh Ketua KPU Bitung Deslie Sumampouw serta dihadiri oleh Komisioner KPU lain  diantaranya Devisi Teknis Yunnoy Rawung, Kadiv Perencanaan Data dan Informasi Frangky Takasihaeng, Kadiv SDM, Sosdikli dan Parmas Wiwinda Hamisi serta Kadiv Hukum Muhajir la Djanudin, Bawaslu sendiri hadir Ahmad Syakur dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kota Bitung yang akan melaporkan hasil pemutahiran di wilayahnya masing-masing.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Kota Bitung Deslie Sumampouw dalam sambutannya, menyampaikan bahwa rapat pleno terbuka ini merupakan rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak bulan lalu oleh pantarlih yang melakukan coklit, dan sudah di rekapitulasi di 69 kelurahan dari 8 Kecematan, sesuai jadwal, kami kpu kota bitung akan melaksanakan pleno penetapan DPS.” Jelas Sumampouw.

Deslie Sumampouw juga mengatakan data DPS saat ini masih bersifat dinamis, hingga 23 September nanti pada penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Frangky Takasihaeng Kadiv Perencanaan data dan Informasi KPU Bitung membeberkan, setelah Pleno di tingkat Kecamatan, pihaknya kemudian melakukan analisa kegandaan data pemilih dan data sementara dari Sidalih, ada 937 Pemilih yang telah dicoklit ternyata berstatus Ganda dan terdaftar juga di wilayah lain di Indonesia.

Sebelumnya lewat penetapan Pleno di tingkat Kecamatan, akumulasi jumlah Pemilih dengan rincian Laki-laki sebanyak 79.986, pemilih perempuan sebanyak 78. 978 dan total jumlahnya sebanyak 158. 964 namun menurut Takasihaeng, setelah dilakukan penelusuran atau dengan istilah ‘Tabrak Data’  terjadi perubahan dan telah ditetapkan dalam rapat Pleno tersebut dengan rincian jumlah Kecamatan sebanyak 8, jumlah TPS sebanyak 351, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 80.303, pemilih perempuan sebanyak 79.098  dengan total 159.401 pemilih yang akhirnya masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Setelah menetapkan DPS selanjutnya, KPU menandatangani berita hasil penetapan DPS tersebut.

Hadir dalam kegiatan itu diantaranya Kapolres Bitung AKBP Albert Zai, Dandim 1310/Bitung Letkol Czi Hanif Tupen, Ketua KPU Kota Bitung Deslie Sumampouw, Ketua Frangky Takasihaeng, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bitung Wiwinda Hamisi, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Yunnoy S. Rawung, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Muhajir La  Djainudin, serta 8 (Delapan) PPK Sekecamatan Kota Bitung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *