Rapat Pleno Terbuka Oleh PPK Kecematan Maesa

TNews, BITUNG – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Menyelenggarakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Kecamatan Maesa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024. Senin, 6 Agustus 2024

Bertempat di Aula Kecamatan Maesa kegiatan dilaksanakan, dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan menyanyikan jinggel pilkada Kota Bitung tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Rapat Pleno Terbuka DPHP Tingkat Kecamatan yang diselenggarakan merupakan suatu bagian dari tahapan penyelenggaraan pemilu. kegiatan yang di hadiri oleh Camat Maesa, Panwaslucam dan seluruh PPS dari 8 Kelurahan yang ada di Kecamatan Maesa.

Jeane Silvany Kawonal sebagai Ketua PPK Kecamatan Maesa Kota Bitung mengatakan, Pleno Kecamatan merupakan tahap lanjutan dari proses rekapitulasi suara yang dilakukan setelah pleno di tingkat kelurahan kemarin.

“Pleno kelurahan adalah pertemuan resmi yang diadakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menghitung dan merekapitulasi hasil pemungutan suara di tingkat kelurahan, ” katanya.

Lanjutnya mengatakan, setelah pleno di tingkat kelurahan selesai, hasil rekapitulasi tersebut dibawa ke tingkat kecamatan untuk dilakukan pleno di tingkat kecamatan. Pleno kecamatan ini dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Semua hasil dibawa ke tingkat Kecamatan untuk diverifikasi, dan memastikan bahwa hasil rekapitulasi dari setiap kelurahan di dalam Kecamatan telah dilakukan dengan benar dan sesuai prosedur, ” ujarnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, mengumpulkan hasil rekapitulasi dari seluruh Kelurahan di Kecamatan tersebut untuk mendapatkan hasil Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran di tingkat Kecamatan.

“Kami selaku PPK menangani dan menyelesaikan jika ada perselisihan atau ketidakcocokan data yang terjadi selama proses rekapitulasi di tingkat Kelurahan, ” jelasnya.

Ia menambahkan, menyusun berita acara yang memuat hasil rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutahiran tingkat Kecamatan, yang kemudian akan dibawa ke tingkat kota.

“Pleno di tingkat Kecamatan sangat penting karena memastikan integritas data dan akurasi hasil pemungutan suara sebelum diserahkan ke jenjang yang lebih tinggi dalam proses rekapitulasi. Dalam rapat yang dipimpin oleh PPK Kecamatan Maesa tersebut, tercatat, tidak ada tanggapan ataupun keberatan atas hasil yang dibacakan, ” pungkasnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *