Wiwinda Hamisi, Dalam Perekrutan KPPS Harus Orang Berpengalaman

TNews, BITUNG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung menggelar rapat koordinasi persiapan pembentukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota Bitung Tahun 2024, yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 15-16 september 2024 bertempat di Hotel The Sentra Manado. Minggu 15/9/2024

Wiwinda Hamisi, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bitung, dalam pembukaan Rapat Koordinasi menegaskan bahwa pembentukan KPPS Pilkada 2024 harus mengacu pada evaluasi proses pembentukan KPPS di Pemilu 2024 yang lalu.

Bacaan Lainnya

“Bercermin dari rekruitment KPPS di Pemilu sebelumnya tentu teman-teman sudah banyak catatan maupun evaluasi terkait siapa saja yang layak untuk direkruit kembali, jangan sampai kita salah mengajak orang bergabung yang nantinya akan menimbulkan masalah yang berulang,”ucapnya.

“Selain itu kita juga perlu mengutamakan orang-orang yang berpengalaman yang sudah memahami kerja-kerja sebagai KPPS. Saya juga berharap semoga direntan waktu yang singkat ini proses pembentukan KPPS dapat berjalan lancar”, ucapnya.

“Batasan umur paling rendah 17 maksimal 55 tahun diutamakan usia yang lebih muda, dengan dinyatakan dengan surat pernyataan kesehatan,” ungkap Wiwinda.

Wiwinda Hamisi menambahkan, untuk menjaga netralitas Linmas berdasarkan rekomendasi dari Lurah yang diambil dari lingkungan setempat.

Wiwinda Hamisi meminta kepada masyarakat untuk bersama ikut mengawasi proses perekrutan dengan melaporkan jika menemukan dugaan pelanggaran pemilu.

“Masyarakat diharapkan dapat melaporkan kepada PPK Kecamatan setempat jika menemukan keterlibatan ataupun terindikasi dengan partai politik,“ tutup Wiwinda Hamisi

Wiwinda Hamisi juga menambahkan, bahwa pengumuman pendaftaran calon anggota KPPS  mulai 17-21 September 2024. Sedangkan Penerimaan calon anggota KPPS 17-28 September 2024.

Turut hadir Ketua KPU Bitung, Deslie Sumampouw, Yunoy Rawung, narsumber, Anggota Bawaslu Bitung, Iten Kojongian, Kepala Dinas Pendidikan Bitung, Vonny Tumundo, Kepala Kesbangpol Bitung, Oktovianus Tumundo dan moderator Idhli Ramadhani, dan seluruh PPK dan PPS se-Kota Bitung.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *