Komisi IV DPRD Sulut Gelar RDP Bersama DINKES, Bahas Program Kegiatan Tahun Anggaran 2024

TNews, SULUT – Komisi IV DPRD Sulut menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, Senin (10/6) bertempat diruang rapat Komisi IV DPRD Sulut.

Rapat ini membahas program kegiatan di tahun anggaran 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Komisi IV, Ismail Dahab mempertanyakan soal upaya yang dilakukan Pemprov terkait masalah stunting serta target Pemprov Sulut tahun 2024 ini stunting turun sampai di angka berapa persen.

Menjawab pertanyaan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan, Debie Kalalo mengatakan upaya yang dilakukan oleh Pemprov Sulut terkait penanganan stunting ini adalah sudah ada terbentuk tim terpadu di lintas sektor di Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Jadi, bukan hanya di kesehatan, tetapi juga meliputi lintas sektor bersama dengan koordinator dari BKKBN , kemudian ada beberapa kegiatan terpadu yang di bantu dari pusat juga baik Dana Alokasi Khusus (DAK) yang ditujukan langsung ke Puskesmas serta pelatihan tenaga kesehatan di Puskesmas yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota,” ujar Kalalo.

Sementara itu mengenai angkai stunting, Kalalo mengatakan di tahun 2023 terdapat hasil 21,3 persen.Angka ini dibuat melalui hasil survey secara nasional yakni Survey Kesehatan Indonesia (SKI). Kalau di tahun 2024 yang ada saat ini per Maret 2024 angka stunting secara prevalensi 1,88 persen.

“Kenapa dia agak sedikit berbeda karena ada permasalahan-permasalahan ditingkat Kabupaten/Kota kepada Puskesmas-puskesmas di tingkat Kabupaten/Kota. Penilaian terhadap Balita ini ada yang tidak sampai 100 persen,tidak semua dilakukan,” ungkapnya sembari menambahkan kalau di Kabupaten/Kota itu ada datanya, jadi bisa di akses by name by address per Kabupaten/Kota.

 

Sheraa U

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *