Tampilkan Group Terbaik se Sulut, Lomba Masamper Piala Bergilir Ketua DPRD Sulut Hentak Jagat Sulut

TNews, SULUT – Lomba masamper memperebutkan Piala Bergilir Ketua DPRD Sulut, dr Fransiscus Andi Silangen SpB-KBD resmi digelar. Lomba yang diikuti 18 Group terbaik di Sulawesi Utara ini mempertandingkan dua seri yakni Seri A yang dipentaskan Jumat 12 dan Seri A1 pada Sabtu 13 Juli 2024 di GOR Tinju Kompleks Koni Manado. Saat membuka lomba yang digelar di GOR Tinju Kompkeks Koni Sario Manado dalam sambutannya Silangen menyampaikan apresiasi kepada ketua panitia, Joulla Langelo Horman yang bisa memberikan ide untuk membuat lomba Masamper yang tidak hanya diikuti group nasamper dari Manado, Minahasa, Bolmong, Bitung tetapi juha group masamper terbaik dari Kabupaten Sangihe.

“Terima  kasih untuk ide yang begitu luar biasa ini, sehingga lomba Masamper yang merupakan kebudayaan dari Nusa Utara dapat dipentaskan.  Benar-benar ide yang brilian, karena masamper adalah kekayaan budaya yang harus kita jaga dan terus kestarikan.”ungkap Silangen

Juga Politisi PDIP ini menyampaikan, budaya masamper memiliki kekhususan baik lagu dan gerakannya bisa menjadikan suasana hati gebira dan tenang.“Di seluruh dunia tidak ada yang sehebat kita memiliki kebudayaan yang luar biasa. masamper merupakan grup seni bernyanyi yang memadukan dua unsur utama, yaitu vokal dan sentuhan gerakan seirama yang kental dengan unsur budaya masyarakat etnis Sangir,”ungkap Silangen sambil menyatakan disaat kita bernyanyi pasti semua kepahitan hilang didalam diri kita. secara khusus masamper ini memiliki nilai yang universal, religius, interaksi sosial, historis, cinta bangsa dan tanah air, pendidikan dan identitas kultural.

Dirinya  berharap agar masyarakat Sulut terlebih masyarakat Nusa Utara terus melestarikan kebudayaan yang telah diwariskan para leluhur.“Kebudayaan ini  punya nilai-nilai  yang sungguh luar biasa tentunya ini sangat positif untuk  pembangunan Sulut,”katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Joulla Langelo Horman saat menyampaikan laporannya menyampaika terima kasih kepada Ketua DPR Sulut dr.Fransiscus Andi Silangen yang mendukung terselenggaranya kegitan lomba Masamper yang akan berlangsung sekama dua hari dan diikutii oleh 18 grup Masamper terbaik se Sulawesi Utara yang dibagi dua kategori seri A dan seri A1.“Pada hari ini dimulai dengan kategori seri A dan pada besok hari untuk seri A1. Pada lomba masamper saat ini selain diikuti oleh grup masamper dari kota Manado, Bitung, Minahasa dan Kotamobagu juga diikuti grup masamper yang datang dari kabupaten kepulauan Sangihe dan boleh berlangsung dengan baik,”ungkap Horman.

Lomba masamper ini ikut disaksikan oleh ketua Bapemperda DPRD Sulut, Careig Naichel Runtu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Sulut, Jun Silangen, Plt Sekretaris DPRD Sulut, Niklas Silangen, Keoala Dinas SosialnProvinsi Sulut dan sejumlah legislator dari Kabupaten Sangihe diantaranya Erland Silangen serta ratusan penonton yang memadati lokasi.

 

Sheraa U

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *