Bupati FDW Laksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Dihari Anak Nasional

TNews,Minsel-Bupati minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH., dihari Peringatan hari anak  Nasional melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilakukan secara massal dan serentak di 27 provinsi Se – Indonesia.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH bersama jajaran Dinas Kesehatan Minsel meninjau dan memberikan Vaksin Polio disejumlah lokasi yaitu kantor Kelurahan Ranomea Kecamatan Amurang Timur, Posyandu dan Sekolah SD di desa Kapitu Kecamatan Amurang barat dan Kantor desa Torout Kecamatan Tompaso baru.

PIN Polio tahap pertama dilaksanakan di lima provinsi, yaitu Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat dan Papua Barat Daya. Sedangkan, PIN Polio tahap kedua dilaksanakan di 27 provinsi, yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, kecuali di Kabupaten Sleman, Banten, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Sejak 2022 hingga 2024 ada 12 kasus kelumpuhan, dengan 11 kasus yang disebabkan oleh virus polio tipe 2 dan satu kasus diakibatkan oleh virus polio tipe 1. Mengingat masih adanya laporan kasus polio dan risiko penularan virus yang tinggi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) kembali menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua. PIN Polio ini akan dilaksanakan pada minggu ketiga Juli 2024 tepatnya pada 23 Juli 2024.

Pemberian imunisasi pada PIN Polio sangat penting untuk mencegah virus polio yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen, terutama pada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi polio lengkap. Sasaran PIN Polio adalah anak usia 0 hingga 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH., dalam kesempatan tersebut menyampaikan kiranya Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dapat dimanfaatkan dengan baik, karena Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio akan berlangsung beberapa hari kedepan mari kita lindungan anak – anak kita dan cegah adanya penyebaran virus polio dengan memberikan vaksin Polio.(Stevens)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *