Indeks Pengelolaan Aset Pemkab Minut Terverifikasi Baik oleh KPK 

TNews, Minut Sulawesi Utara – Prestasi kembali diukir Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) yang berhasil mencapai kategori Baik dalam Verifikasi Indeks Pengelolaan Aset oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dengan capaian indeks 2,16.

Capaian membanggakan bupati Joune Ganda dan Wakil bupati Kevin Wiliam Lotulung (JGKWL) terukur pada Asistensi tata cara pengukuran Indeks Pengelolaan Aset (IPA), dalam kegiatan asistensi Pengukuran Kinerja Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) yang diselenggarakan pada 3-5 September 2024 di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan oleh KPK

Pada kegiatan tersebut, Direktur Penindakan dan Supervisi KPK RI Irjen Didik Agung Widjanarko menyampaikan, adapun tujuan digelarnya Asistensi Tata Cara Pengukuran Indeks Pengelolaan BMD ini untuk melihat sejauh mana tingkat pengelolaan BMD di setiap Pemda.

Widjanarko mengingatkan kepada seluruh Pemda untuk mengoptimalkan pengelolaan BMD sesuai aturan dan jangan keluar koridor karena pengelolaan BMD yang bermasalah sering menjadi titik rawan korupsi.

“Saya berharap tindak lanjut pengelolaan BMD dapat dilakukan oleh Kemendagri bersama dengan Pemda secara efektif, akuntabel, dan bebas dari tindak pidana korupsi,” tuturnya.

Bupati Minahasa Utara Joune J.E., Ganda, S.E., M.A.P., M.M., M.Si., menyampaikan, Kabupaten Minahasa Utara masuk dalam 100 daerah yang dijadikan pilot project pengukuran IPA.

Dikatakan Bupati, satu komponen yang menjadi penentu dalam penilaian opini BPK terhadap suatu instansi adalah IPA (Indeks Pengelolaan Aset). Indeks tersebut merupakan indeks komposit yang memperhitungkan rata-rata indeks parameter dari empat sasaran strategis yang meliputi Pengelolaan BMD yang akuntabel dan produktif, Kepatuhan pengelolaan BMD terhadap Peraturan Perundang-Undangan, Pengawasan dan Pengendalian yang Efektif, serta Administrasi yang Andal.

“IPA menjadi salah indikator yang menunjukkan akuntabilitas pengelolaan Barang Milik Daerah. Kabupaten Minahasa Utara mendapatkan prestasi dalam Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dengan perolehan IPA berkualifikasi baik,” ucap Bupati Joune Ganda.

“Capaian yang diraih ini menjadi motivasi yang terus mendorong pemerintah Kabupaten Minahasa Utara untuk lebih mengoptimalkan pengelolaan aset daerah dan terus berbenah dalam meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan BMD, ” pungkas Bupati Joune Ganda. (HMS/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *