Joune – Kevin Tua Apresiasi Positif Revitalisasi Dua Pustu di Kecamatan Airmadidi

TNews, Minut Sulawesi Utara – Selang 3 Tahun 6 bulan, Joune Ganda dan Kevin Lotulung memimpin Kabupaten Minahasa Utara, telah membuktikan komitmen peningkatan mutu pelayanan publik di berbagai bidang, termasuk kesehatan.

Di bidang kesehatan ini, JGKWL Salah mewujudkan dengan revitalisasi sarana kesehatan, seperti rehabilitasi Puskesman dan Puskesmas Pembantu (Pustu), seperti Pustu Desa Sawangan dan Pustu Tanggari wilayah kecamatan Airmadidi.

Bupati Minut Joune Ganda mengatakan, pembangunan sektor Kesehatan adalah salah satu prioritas dalam program strategis pemerintahan JGKWL.

“Puskesmas merupakan sarana pelayanan kesehatan dasar yang sangat penting bagi masyarakat, sebab menyentuh langsung terhadap kebutuhan kesehatan warga dimana fasilitas kesehatan ini ada,” ulas JG, Senin (01/09/2024).

Selanjutnya bupati mengatakan, sebagai prioritas juga adalah memberikan perhatian pada peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan SDM tenaga kesehatan serta optimalisasi jam operasional fasilitas kesehatan.

Saat ini diketahui, Pustu Sawangan telah memberikan pelayanan medis 24 jam juga untuk pelayanan Persalinan. Untuk Pustu Pustu Tanggari masih dibatasi operasional hingga sore hari.

Langkah pemerintah Minut ini, secara langsung memberikan

kontribusi terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Minahasa Utara dan saat ini berada di atas rata-rata IPM Provinsi Sulut dan nasional.

Atas peningkatan pelayanan kesehatan di desa Sawangan, tentu mendapatkan apresiasi positif, sebab masyarakat beralasan, jika sebelumnya mereka mengakses pelayanan kesehatan di wilayah Airmadidi yang relative jauh kini sudah dapat dilayani oleh Pustu yang ada.

Bahkan bukan hanya peningkatan Pustu di dua desa kecamatan Airmadidi, Pemkab Minut juga melakukan peningkatan pelayanan Puskesmas dengan mewujudkan Puskesmas Modern di desa Kahuku yang berada di Pulau Bangka dan Puskesmas Pulisan di kecamatan Likupang Timur.

Berbagai pencapaian di bidang kesehatan ini semakin memperkuat reputasi Kabupaten Minahasa Utara disebut sebagai salah satu kabupaten pelopor dalam pelayanan kesehatan di Indonesia.

Penghargaan yang diraih oleh Bupati Joune Ganda sebagai Pemerintah Daerah Terbaik dalam Pemenuhan Tenaga Medis dan Kesehatan menunjukkan hasil kerja keras dan dedikasi pemerintah daerah.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, pada Forum Komunikasi Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Tahun 2023, yang diadakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional.

Selain itu, Pemkab Minahasa Utara juga memberikan bantuan berupa 8 unit mobil ambulance dan 4 kapal Puskesmas keliling untuk meningkatkan akses layanan kesehatan di daerah kepulauan pesisir. (Red/TM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *