Minut Pertama Terapkan Aplikasi Rekam Medik Elektronik di Kawasan Indonesia Timur

TNews, Sulut – Dasar dan acuan dalam penyusunan berbagai kebijakan, pedoman dan arahan penyelenggaraan pembangunan di bidang kesehatan dan pembangunan berwawasan kesehatan adalah mengacu pada sistem informasi kesehatan yang terintegrasi ke dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN)

Ini dikatakan Bupati MInahasa Utara Joune Ganda, Jumat (19/01/2024) di kegiatan Lounching Aplikasi Rekam Medik Elektrik Minutcare yang diwarnai penyerahan sertifikat Akreditasi Puskesmas se-Minut.

Sistem informasi kesehatan nasional kata JG, dikembangkan dengan memadukan sistem informasi kesehatan daerah dan sistem informasi lain yang terkait. Dan sistem informasi Puskesmas atau dikenal dengan Simpus sebagai bagian dari sitem informasi kesehatan nasional, telah dikembangkan di berbagai jajaran dinas kesehatan di beberapa daerah di tanah air.

“Pengembangan Sistem Informasi Puskesmas (SIMPUS), diharapkan dapat memberikan informasi secara cepat, tepat dan akurat sekaligus dapat meningkatkan kinerja dan meningkatkan kualitas manajemen Puskesmas, dalam memberikan pelayanan melalui pemanfaatan secara optimal data, Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas atau SP2TP,” kata Joune.

Bupati kemudian menyebutkan, pada tahap pertama tahun 2024, Minahasa Utara  menerapkan Bridging System Primary Care dan Simpus Minutcare untuk 11 Puskesmas sebagai Pilot Project yang pertama menggunakan Rekam Medik Elektonik versi terbaru, dan terintegrasi dengan Satu Sehat di kawasan Indonesia Timur.

“Saya yakin dan percaya dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa kita akan mampu melaksanakan pelayanan kesehatan dengan salah satu Implementasinya yaitu kesatuan data yang terintegrasi, melalui kegiatan launching Aplikasi rekam medik elektrik minutcare Puskesmas di Kabupaten Minahasa Utara,” tutup Bupati.

Turut juga diserahkan bupati, sertifikat Akreditasi terhadap 6 Puskesmas se-Minut yang mengikuti penilaian Akreditasi dengan masing-masing kategori yakni :

  1. Puskesmas Kolongan : Paripurna
  2. Puskesmas Tatelu : Paripurna
  3. Puskesmas Mubune : Utama
  4. Puskesmas Kema : Utama
  5. Puskesmas Talawaan : Utama
  6. Puskesmas Wori: Paripurna

(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *